Saturday, April 29, 2017

Cara Mudah Perbaiki Data Diri TKI Di Paspor Umur Terdeteksi Berbeda Dengan KTP


wartaberitatki.com, Cara Mudah Perbaiki Data Diri Di Paspor Umur Terdeteksi Berbeda Dengan KTP - Menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di luar negeri memang butuh tekad yang kuat dan pengorbanan yang cukup tinggi. Bisa dibilang bekerja di luar negeri ibarat bertaruh nyawa demi kesejahteraan keluarga di rumah. Salah satu syarat yang paling jadi perhatian adalah umur, dan sering kali umur ditambah (dituakan) demi mengejar peluang untuk menjadi TKI.

Bisa juga umur dituakan oleh sponsor demi meloloskan kita untuk menjadi TKI.

Yang paling merepotkan apabila umur dituakan di paspor namun di e-ktp umur sesuai dengan aslinya. Solusi terbaik untuk mengatasi ribetnya administrasi untuk menjadi TKI adalah dengan menyamakan umur di semua data diri kita mulai dari KK, e-ktp, akta, dan data diri lainnya yang dibutuhkan.

Beberapa pertanyaan seringkali muncul di pikiran kita sampai tidak bisa tidur.

  • Kalau umur dituakan di paspor tapi di e-ktp sesuai dengan aslinya bagaimana nanti saat terjadi masalah?
  • Bagaimana nanti cara memperbaiki data diri paspor yang umurnya dituakan?
  • Umur kita dituakan oleh sponsor di paspor, cara merubahnya bagaimana ya?

Kalau hal semacam ini terdeteksi dari awal sebelum berangkat, kemungkinan masih bisa segera diperbaiki agar tidak berpengaruh pada kita kedepannya.

Kalau nanti sudah di negara tujuan, wah bisa-bisa kita tidak bisa kerja dengan tenang.

Untuk mengubah data diri paspor kita yang terdeteksi umur kita berbeda dengan e-ktp tips berikut mungkin bisa jadi pilihan.

Samakan data diri di semua dokumen yang kita miliki
Cara ini adalah cara yang paling mudah, namun karena kita ingin merubah data diri kita di semua dokumen akhirnya kita harus berurusan dengan banyak instansi.

Bisa dibayangkan satu instansi saja membutuhkan waktu yang cukup lama untuk diurus.

Hanya Ubah Data Diri Pada Paspor
Bila kita menempuh langkah ini, yang harus kita persiapkan adalah tekad yang kuat karena kita harus bolak-balik kesana kemari ditambah lagi waktu yang dibutuhkan bisa lebih lama.

Langkah-langkah berikut mungkin bisa membantu saat kita akan membetulkan data diri kita di paspor yang terdeteksi berbeda dengan e-ktp

  1. Persiapkan semua berkas yang kita punya mulai dari paspor, e-ktp, Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, serta ijasah lalu bergegas ke Imigrasi.
  2. Sampai disana pastikan mental kita benar-benar siap, cari Pengawas Dan Penindakan Keimigrasian (WASDAKIM). Setelah ketemu dengan petugasnya bilang saja apa adanya, data di paspor kita dirubah tanpa sepengetahuan kita oleh sponsor. Biasanya akan diinterogasi, jadi ya itu siap mental aja. Jangan lupa minum air putih yang banyak biar tidak terlalu gugup...hehehe. PERLU DIINGAT!!! JANGAN MEMBUAT PASPOR BARU ATAU KAMU TIDAK AKAN DAPAT PASPOR.
  3. Kalau pihak Imigrasi menerima semua jawaban kita, selanjutnya kita bakal disidang untuk membuktikan pada imigrasi kalau semua data yang kita miliki (yang kita persiapkan sebelum berangkat ke Imigrasi) adalah benar-benar asli milik kita.
  4. Kemudian kita ajukan perkara ke pengadilan terdekat bagian perdata. Pastikan hakim menetapkan data diri kita baik nama maupun tanggal lahir sesuai dengan berkas yang kita miliki. Setelah daftar 3 minggu lebih akan dipanggil untuk sidang (atau bila sudah tiba giliran)
  5. Setelah putusan pengadilan keluar mengenai data diri kita yang asli, kita balik lagi ke Imigrasi dan menyerahkan putusan tersebut. Kita akan diminta mengisi BAP (Berkas Ajuan Perkara) yang didalamnya berisi kurang lebih 30 pertanyaan. Jawab aja sesuai dengan realita, setelah selesai masukkan amplop. Kemudian kita capcus ke Kantor Wilayah Kementrian Hukum Dan HAM setempat untuk mengajukan BAP.
  6. Di Kantor Wilayah Kementrian Hukum Dan HAM setempat, KALAU KITA DISETUJUI proses yang kita inginkan akan dilanjutkan. KALAU DITOLAK ya kita harus melakukan perubahan data sesuai anjuran dari sana.
  7. Kalau disetujui oleh Kantor Wilayah Kementrian Hukum Dan HAM  kita balik lagi ke Imigrasi, kemudian isi formulir pengajuan paspor, mengisi surat keterangan yang dibubuhi materai. Bayar biaya paspor lalu masuk ke tahap foto wawancara.
  8. Setelah semua dilakukan langkah terakhir yang kita lakukan adalah menunggu paspor kita datang lewat jasa resmi imigrasi atau kita akan dihubungi. DAN JANGAN LUPA BAHAGIA. hehehehe.....
Dari sekian banyak langkah yang harus dilalui untuk melakukan perubahan data diri di paspor karena umur kita dituakan, inti dari kasus ini adalah jangan pernah minta dituakan umur dan berdoalah semoga umur kita tidak dituakan oleh sponsor nakal.

Ribet dan bikin pusing, bener to?

1 comments:

  1. AYOO SERBUU GAN MUMPUNG GRATIS DAN MURAH
    ADU BANTENG, Sabung Ayam, Sportbook, Poker, CEME, CAPSA, DOMINO, Casino
    Modal 20 rb, hasilkan jutaan rupiah
    Bonus 10% All Games Bolavada || Bonus Cashback 10% All Games Bolavada, Kecuali Poker ||
    FREEBET AND FREECHIP 2017 FOR ALL NEW MEMBER !!! Registrasi Sekarang dan Rasakan Sensasi nya!!! ONLY ON : BOLAVADA(dot)com
    BBM : D89CC515

    https://goo.gl/3G0lA8
    https://goo.gl/kbkvXv
    http://pintient.com/3Eq3
    http://pintient.com/3EqP
    https://goo.gl/JB5DSD

    sabung ayam
    agen terpercaya
    bandar judi

    ReplyDelete

close